Windows

Windows 8 … Aarggghh!!!

Karena penasaran dengan Windows 8 Consumer Preview 32 bit yang beberapa waktu dirilis, saya akhirnya menyempatkan diri untuk melalukan test drive Windows tersebut. Windows 8 cukup memiliki perbedaan yang “radikal” jika di bandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

UPDATE!

30 Oktober 2012

Windows 8 akhirnya rilis secara resmi dan dijual kepasaran secara terbuka. Banyak perbaikan dan improvisasi di Windows 8 yang sudah secara final dirilis oleh Microsoft, dan hal ini merubah perspektif saya tentang “kekurangan” yang saya temukan di Windows 8 Consumer Preview.

Silakan simak ulasannya di posting saya berikut ini.

————–

Sebelumnya jangan berharap dapat melihat screenshot dari Windows 8 di posting ini, karena setelah 2 hari menggunakan Windows 8, saya langsung melakukan fresh install, kembali menggunakan Windows selera asal – Windows XP. :)

Saya tidak sempat (dan tidak ingin) mengambil screenshot karena saya menganggap Windows 8 adalah Windows yang “gagal” dan harus diperbaiki dan direvisi oleh Microsoft. Berikut ini adalah beberapa review saya seputar Windows 8 :

  • Saat melakukan instalasi, dialog yang tampil mirip dengan instalasi Windows 7. Sama dengan pre-rilis Windows 7,  ada “nuansa” ikan cupang. Namun cupang Windows 8 lebih spesial, cupang abstrak dengan gelembung udara membentuk figur angka 8! Ya ampuunnn… cupang lagi, cupang lagi! Cukup lama saya memelototi ikan cupang abstrak ini.

    Sisi membahagiakan adalah proses instalasi di Windows 8 berjalan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan Windows versi sebelumnya.

  • Oke.. Windows 8 sudah terinstal dengan sempurna. What next? Masalah selanjutnya adalah kompatibilitas driver. Secara umum, Windows 8 mengenali semua hardware pada CPU yang saya gunakan. Akan tetapi display gambar di LCD saya nampang kurang sempurna. CPU saya menggunakan display adapter Intel G33/G31 Express Chipset (rada jadul nih), yang notabene belum ada driver resmi dari Intel untuk display adapter ini yang support Windows 8. Saya melakukan sedikit eksperimen dengan menginstal driver Intel G33/G31 Express Chipset untuk Windows 7, dan ternyata berhasil.

    Jadi, untuk anda yang bingung dengan driver pada Windows 8, anda dapat mencoba untuk menggunakan driver untuk Windows 7.

  • Setiap kali komputer nyala, saya dihadapkan dengan “menu yang kotak-kotak” (mungkin inilah yang disebut orang bule sebagai Metro UI). Biasanya komputer saya nyala langsung lari ke Desktop dan saya tidak terbiasa dengan ini!  Buat yang pake monitor touchscreen mungkin berguna, tapi buat saya ini sama sekali tidak berguna (saya menggunakan monitor Polytron XCEL LCD 22 inch). Navigasi dengan mouse juga kurang nyaman.Yang kedua, saya tidak pernah menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di menu Metro tersebut, alhasil.. buat saya menu tersebut tidak terpakai sama sekali (selain menu Desktop).
  • Menu desktop tidak terdapat perubahan yang signifikan, begitu juga dengan explorer nya. Hanya ada sedikit penambahan “riasan”. Tapi, kemana hilangnya Start Menu!! Microsoft mencuri Start Menu dari pengguna setia Windows. Aduuhh!!! Start menu itu legenda.. dia sudah menemani pengguna Windows hampir dalam kurun waktu 2 dasawarsa.Kehilangan  start menu seperti kehilangan separuh jiwa saya… I love start menu, bring it back, Microsoft!!Bagi yang pengen pake start menu lagi, bisa menginstall ViOrb. Yah.. Merepotkan bukan?
  • Kerjaan selesai, sekarang saatnya mematikan komputer.. Eh, dimana menu shutdown? Biasanya kan di Start menu? Aduh.. satu lagi yang hilang dari aksesibilitas, menu Shutdown!

    Untuk shutdown, kita kudu mengarahkan mouse ke sebelah kanan layar… ntar nongol deh slider, cari aja disitu menu shutdown. Cape deh…

  • Speaker saya bersuara normal saat memutar lagu atau film. Kemudian salah satu teman mengajak saya bermain DoTA. Oke.. tantangan teman tersebut saya terima.. Warcraft jalan normal, tetapi ada yang nggak beres. Suaranya nggak ada!! Main dota nggak pake suara? Mana seruuu!!?? Aduh-aduh….

Ada banyak lagi keluhan saya setelah menggunakan Windows 8, seperti pengaturan wifi yang juga sedikit njelimet, kompatibilitas software, dan sebagainya.

Akhirnya, saya memutuskan kembali ke selera asal.. Windows XP. Lho, mas kenapa nggak pake Windows 7? Saya suka Windows 7, tapi untuk kegiatan sehari-hari saya senang dengan Windows XP. :)

Ntar kalo udah punya LCD touchscreen dan Windows 8 udah rilis final, boleh dah ane coba install lagi. Hehehehe…

Spesifikasi CPU yang saya gunakan buat test :

  • Intel Pentium Dual CPU E2200 @ 2,2 GHz
  • RAM 1 Gb
  • VGA shared 128 Mb
  • Harddisk jadul 80 Gb
  • LCD POLYTRON XCEL 22 inch
  • Powered by Telkomspeedy, hehehe..

Spesifikasi pas-pasan… :D


Related Posts
  1. Reza Pahlevi

    26 Desember 2012 at 12:51

    Agan Belum terbiasa Ama windows 8, pkok Nya win * Sip Deh…

  2. widya

    26 Desember 2012 at 16:44

    gini, kan klauklik menu start lalu muncul tampilan semacam tablet (touch screen). tp setelah saya klik salah satu diantara sekian banyak aplikasi itu, kok ga bisa terbuka??
    knapa yh???

    1. fazar

      27 Desember 2012 at 04:23

      Banyak apps di start screen itu yg membutuhkan akses internet dan disetting dengan benar. Tanpa seting yg benar dan akses internet, kebanyakan apps tidak bisa digunakan secara maksimal.

  3. lia

    29 Desember 2012 at 12:12

    kemarin gue beli laptop toshiba pakai windows 8 katanya sih bagus,enak… pas dipakai aduh ribet banget makainya.. jadi harus sering2 belajar.. dikantor pakai windows XP.. dirumah pakai windows 8 jdi gak terbiasa.. masak harus di ganti lagi sih.. argg..

    1. fazar

      29 Desember 2012 at 15:06

      nah loh.. ada yg ikutan “galau” juga pas pake win 8. hehehe.. saran saya sering-seringlah menggunakan windows 8 agar jadi lebih familiar dan pake nya nggak ribet.

  4. ahtar

    31 Desember 2012 at 12:06

    Windows 8? Super ringan. Sudah aktivasi lagi. Gak ada masalah. Start dan shutdown super cepat dibanding XP dan Windows 7. Tombol Menu Star? Aku pake Stardock Versi 1, muncul deh tombol Start di kiri bawah (rada rumit memang, karena harus lewat Task Manager segala). Gak mengaktifkan Login Password? Gampang. Tinggal Windows key + R, ketik netplwiz, lakukan langkah sesuai perintah, selesai dah. Selanjutnya? Enjoy…..!

    1. fazar

      31 Desember 2012 at 19:56

      Betul, kalo mau bisa pake aplikasi start8 dari stardock sebagai pengganti start menu.

  5. faisal

    31 Desember 2012 at 20:06

    keren dah postingnya…

    ane uda pake win 8 final.. ( lumayan dapat fersi final gratis dr microsof karna beli laptop baru hehe.. ) dan setelah kurang lebih 1 bulan saya pake uda ketauan deh kekuatan win 8 (wuss..). emang d win 8 cp masih banyak trdapat bugs tp difersi final hampir semua bugs uda dbenerin… ( yeee go microsof )

    tp kalo dibilang win 8 gagal.. ane kurang setuju gan.. mungkin orangnya yg kurang memenuhi syarat bukan krna win 8 nya yg gagal.. ane pertama pake juga ngerasa gitu.. smpai2 gua mau beli win 7 (eiitss.. untung g jadi beli w 7.. klo andaikan jadi rugi aku uda dpt w8 gratis dr microsof malah di downgrade ke w 7.. alhamdulillah.. ) tp setelah pake dg penuh ksabaran dn keihklasan… gua langsung bisa merasakan keganasan si 8.. ( haha mungkin ini balasan unt orang yg sabar :D )..

    kesimpulannya… win 8 tokcerrr deh…..
    apalagi aku dpt fersi finalnya gratis…
    alhamdulillah… :D

    jd bgi yg pake win 8 dn blom bisa melihat ketajamannya sabar aja y krna klo kta sabar kita akn dpt balesannya… :)

    buat admin disini.. keep spirit yaa.. jngan nyerah sm koment yg bisanya hanya menghina.. n keep posting info yg bagus y….
    salam kenal juga…

    1. fazar

      1 Januari 2013 at 08:08

      Sipp.. salam kenal aja dan trims buat feedback masbro. Salam sukses buat masbro.

  6. wahyu

    1 Januari 2013 at 12:44

    kalo product key nya udah ga bisa diganti gimana?

    1. fazar

      1 Januari 2013 at 12:47

      Product key bisa diganti kok, asalkan versinya sama dengan komputer yg digunakan.

  7. trima

    1 Januari 2013 at 20:46

    sekedar menambahkan, windows 8 lebih ringan bro dr win xp, win 7…bagi yg driver laptopnya gak support ada tambahan waktu instalasi windows 8,..setelah instalasi selesai, sebelum install driver laptop, install dulu Net farmwork 3.5 dari file mentahan di DVD windows 8 nya,..soalnya Net Frmwork 3.5 gak otomatis terinstal. harus manual,.cranya open dvd win 8–open file source–cari file “sxs”. copypaste “sxs” ke drive “C”..selanjutnya buka cmd (adm) ketik cd\ enter–
    kmudian ketik
    Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net /LimitAccess
    enter, tunggu sampai 100%..tutup cmd..
    selanjutnya install deh driver laptop,.terutama yg laptop jadul yg pas pasan.atau install aplikasi lain yg tdinya ga support..
    hehe..

    1. fazar

      1 Januari 2013 at 21:10

      .net framework juga bisa di instal on demand, dengan syarat koneksi internet aktif. Kalo ada apps yg perlu .net framework maka win 8 secara otomatis menawarkan untuk menginstal .net langsung dari internet.

  8. rama anonymous

    3 Januari 2013 at 08:07

    menurut saya windows 8 adalah penyempurnaan window 7 dn lebih ringan :V

  9. Ras

    4 Januari 2013 at 01:02

    mending bikin 2 OS win 7 dan win 8 jdi lebih asiiiiik gunain kompi nya hehehe

    1. Muchammad Rifny

      6 Januari 2013 at 15:53

      hati hati mas nanti crash kena BSOD (blue screen of death)

  10. Muchammad Rifny

    6 Januari 2013 at 15:52

    Windows mas nya apa dulu waktu di instal…
    klok maslah start menu soalnya windows sendiri gelisah oleh si user yang sering gk makai start menu dan sering nempeli progeam/file nya di taksbar dan desktop makanya jadilah itu metro ui (metro UI masih dianggap start Menu kok)
    terus perasaan windows udah gk ngasi si cupang tuh cuma 4 kotak warna biru…

    1. fazar

      7 Januari 2013 at 05:15

      Tulisan ini sebenernya out of date, karena yg saya ujicoba adalah win 8 beta. Saya ada nulis postingan ter update untuk win 8 final, monggo di cek atau search di blog saya ini.

Comments are closed.