Cara Meningkatkan Kualitas Sinyal Wi-Fi Untuk Penggunaan Kantor

Banyak bisnis kecil dan menengah menggunakan jaringan nirkabel karena mudah untuk dikonfigurasikan dan nyaman digunakan. Namun, terkadang sinyal Wi-Fi yang lemah kecepatan koneksi yang lambat dan jangkauan kecil bisa menjadi faktor penghambat kenyamanan akses Wi-Fi. Tidak dapat mengakses data dan aplikasi dengan cepat dari semua area di kantor dapat menghambat produktivitas karyawan.

Ketika Anda mengalami masalah dengan sinyal Wi-Fi seperti ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa router nirkabel atau access point Anda. Perangkat yang umurnya relatif lebih tua biasanya akan memberikan jangkauan jangkauan yang lebih kecil dan kecepatan sinyal yang lebih lambat. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk meningkatkan kualitas sinyal Wi-Fi.

Jika router nirkabel atau access point Anda hanya mendukung komunikasi data di frekuensi 2,4 GHz (spesifikasi 802.11g, 802.11b, atau 802.11a), maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli perangkat yang baru. Perangkat yang mendukung 802.11n dan 802.11ac (5 GHz) memiliki jangkauan yang lebih efektif dan mendukung kecepatan transfer yang lebih cepat.

Jika Anda membeli router nirkabel atau access point baru, Anda perlu memastikan komputer atau perangkat yang Anda gunakan bisa kompatibel dengannya. Komputer keluaran terbaru biasanya memiliki adaptor nirkabel 802.11ac atau 802.11n bawaan.

Jika sinyal Wi-Fi Anda lemah meskipun memiliki router nirkabel atau access point baru, cobalah cara yang berikut ini untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi di kantor Anda.

cara meningkatkan kualitas sinyal wi fi untuk penggunaan kantor

Cara Meningkatkan Kualitas Sinyal Wi-Fi Untuk Penggunaan Kantor

1. Pindahkan access point ke posisi yang tepat

Jarak adalah pertimbangan utama dalam hal Wi-Fi. Sinyal melemah jika posisi perangkat pengakses internet berjarak semakin jauh dari router nirkabel atau access point. Untuk mendapatkan cakupan yang merata di seluruh kantor Anda, Anda sebaiknya memilih lokasi sentral untuk peralatan Wi-Fi Anda.

2. Ubah frekuensi channel

Router nirkabel dan access point mem-broadcast sinyal Wi-Fi pada saluran tertentu dan bisa saling menginterferensi. Untuk menghindari masalah ini, gunakan saluran yang tidak terlalu banyak digunakan dan tidak overlapping. Banyak router nirkabel modern dan access point bahkan dilengkapi dengan perangkat lunak untuk membantu Anda menentukan saluran optimal untuk mendapatkan hasil maksimal dari jaringan nirkabel Anda.

3. Perbarui firmware di router nirkabel atau access point

Firmware adalah perangkat lunak yang memberikan fungsionalitas pada perangkat. Memperbarui firmware di router nirkabel atau access point Anda dapat meningkatkan kinerjanya. Jika perangkat Anda tidak mengizinkan Anda memeriksa pembaruan melalui antarmuka penggunanya, Anda dapat memeriksa situs web produsen.

4. Perbarui firmware di adaptor nirkabel komputer

Seperti firmware di router nirkabel dan access point, firmware di adaptor nirkabel komputer Anda harus diperbarui secara teratur untuk kinerja yang optimal.

5. Tambahkan perangkat access point

Anda dapat meningkatkan sinyal Wi-Fi dengan menambahkan perangkat access point. Pilihlah access point yang memang mumpuni dan memiliki review baik. Hindari penggunaan access point abal-abal yang kualitasnya mungkin akan mengecewakan Anda di kemudian hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *