Lusca Proxy Untuk IPFire

Lusca proxy untuk IPFire adalah addons tidak resmi (unofficial) untuk IPFire – sebuah distribusi linux untuk firewall.  Pada dasarnya IPFire sudah memiliki web proxy sendiri yang diporting dari advanced proxy untuk IPCop dan Smoothwall, namun selalu di update menyesuaikan dengan rilis terakhir squid cache (versi 3.x). Lusca memiliki kemampuan dan stabilitas yang baik dalam melakukan web caching  walaupun dibuat berbasis squid 2.7. Its oldy, but mighty.

Addons Lusca untuk IPFire terdiri dari binari Lusca versi stabil yang dikompilasi dengan menitikberatkan pada kinerja dan fleksibilitas dalam melakukan web caching. Lusca proxy untuk IPFire terintegrasi dengan baik dengan semua fitur yang sudah terdapat didalam IPFire dan dapat diatur dengan mudah lewat antarmuka web. Selain itu, tuning tambahan pada konfigurasi Lusca addons ini di optimasi untuk melakukan caching website-website terkemuka di Indonesia, dan juga caching beberapa games online.

System requirement :

  • IPFire 2.11 Core Update 61

ISO image untuk IPFire 2.11 Core Update 61 dapat didownload dari link dibawah ini :

Prerequisite :

PENTING! Sebelum addons lusca di instal, pastikan anda sudah melakukan konfigurasi squid bawaan IPFire dengan mengklik “Save and Restart” di halaman interface web, tab “Networking” di bagian pengaturan proxy. Hal ini berguna agar IPFire dapat meng-generate acl-acl yang akan digunakan oleh squid dengan sempurna.

Cara instalasi Lusca proxy untuk IPFire :

# wget http://cachebox.googlecode.com/files/ipfire-lusca-beta.tar.gz
# tar -zxvf ipfire-lusca-beta.tar.gz
# cd ipfire-lusca-beta
# ./install

Jika anda menggunakan core updates terbaru, anda juga dapat melakukan instalasi Lusca. Yang perlu diperhatikan adalah, setelah anda selesai meng-ekstrak installer nya, edit lah file “install” dengan editor kesayangan anda. Carilah tulisan if ($core_release !~ 61) dan ganti menjadi if ($core_release !~ 62), dimana angka “62” adalah contoh core updates yang anda gunakan. Sesuaikan nilai ini dengan core updates yang anda gunakan!

Untuk mengetahui informasi versi core updates yang didukung dan kompatibel oleh Lusca proxy untuk IPFire ini, silakan bergabung di grup Facebook kami : http://www.facebook.com/groups/ipfire.id/.

Setelah proses instalasi selesai, akseslah halaman antarmuka web (web GUI) untuk pengaturan web proxy (tab network). Jika Lusca terinstal dengan baik, maka pada bagian squid cache version akan tampak seperti dibawah ini :

 lusca gui ipfire

Klik pada tombol “Save and Restart” untuk menyimpan seluruh konfigurasi dan memulai ulang (restart) web proxy.

Contoh statistik Lusca yang sudah running :

lusca performance ipfire1

*ps. HTTP request terlihat kecil, karena sebagian besar klien yang saya layani online dari gadget atau smartphone.

Catatan :

  • Lusca addons untuk IPFire ini dapat didistribusikan dan dimodifikasi secara bebas dengan menyertakan credit untuk penulis asli.
  • Addons ini dibuat sebagaimana-adanya (as-is) tanpa ada dukungan resmi dan segala resiko atau kerugian yang diakibatkan dari addons ini berada diluar tanggung jawab penulis.

Credits :

  • IPFire development team (thanks for developing this awesome firewall)
  • Lusca development team
  • Lusca proxy installer based on advanced proxy installer by M. Sondermann
  • URL rewriter by Chuddy Fernandez and Ucok Karnadi
  • Alexa

176 komentar untuk “Lusca Proxy Untuk IPFire”

  1. mas mohon bantuannya.. setelah saya update core 71 kok luscanya jadi error ,gimana cara hapus luscanya mas dari ipfire..mohon infonya..trims..

  2. Kang, saya butuh IP Fire nya, untuk membangun proxy dgn squid Lusca, mohon diberikan Link downloadnya, kalau ada yg terbaru… terima kasih kang…..

  3. Maaf mas sudah saya lakukan seperti yang anda bilang.. di atas.. proxynya tidak terdeteksi juga.

    Bisakah bantu saya.. udah 2 hari ini selalu gk berhasil.. dah install bolak balik tetep aja gk terdeteksi.

    ini ym saya mas : ligasz

    Plisss !!

    1. silakan contact saya di FB aja mas. monggo add saya dan silakan kirim PM. klik icon facebook dibagian atas blog ini. :)

  4. Mau tanya mas… saya install ipfire 1 interface sudah berhasil…
    ini saya pake mikrotik

    ether 1 = internet
    ether 2 = proxy
    ether 3 = switch hub >> PC

    saya juga bisa login ke web admin proxy melalui jalur ether 3 tersebut, tapi kenapa ya proxynya tidak terdeteksi klo dilihat di http://www.whatismyip.com/
    padahal saya udah install lusca dan status proxy di web admin proxy itu udah aktif..

    :cry:

    1. silakan periksa di konfigurasi proxy, tandai “Proxy address forwarding” dan “Client IP address forwarding” kemudian lakukan save & reload. periksa kembali di whatismyip. :)

  5. Aslm mas ..
    saya sdh membuat router dan proxy mengunakan ipfire terbaru dan sudah saya install lusca sukses ..
    nano /lib/udev/rules.d/95-ac682.rules
    ACTION==”add”, ENV{ID_CDROM}==”1″, ENV{ID_VENDOR_ID}==”1bbb”, ENV{ID_MODEL_ID}==”011f”, RUN+=”/bin/sh -c ‘sleep 10 ; /usr/bin/eject %k'”
    nano /lib/udev/rules.d/60-ac682.rules
    ACTION==”add”, SUBSYSTEM==”usb”, ATTR{idVendor}==”1bbb”, ATTR{idProduct}==”0106″, RUN+=”/bin/sh -c ‘/sbin/rmmod usbserial ; /sbin/modprobe usbserial vendor=0x1bbb product=0x0106’

    setelah saya install usb modem smartfren bisa terkoneksi ke internet tapi sering disconect sendiri ?? mohon bantuannya mas fazar ..

    1. saya belum pernah mencoba melakukan dial lewat modem usb di ipfire. akan tetapi pada beberapa kasus yg pernah saya baca di forum resmi ipfire, masalah yg demikian bisa disebabkan karena kesalahan parameter dial (atau sejenisnya). monggo di oprek lebih lanjut mas.. good luck.

  6. achmad.faishol

    pertanyaan dari Harry DS Alsyundawy
    Terima Kaih Atas Sharing Ilmunya Kang. Namun Saya Sedikit Bingung Lusca Proxy Yang Di Release Oleh Kang Fajar, Yang Saya Tanyakan Sebagai Berikut :
    1. Lusca Yang Kang Fajar Itu Versi Relase Versi Berapa? Karna Yang Saya Tahu Lusca Release – r14809 (October 20, 2010) dan Lusca Release Svn – r14942 (Mar 21, 2012).
    2. Apakah Kang Fajar Mau Relase Versi r14942 Juga?
    3. Apakah Yang Kang Fajar Release Ini Sudah Termasuk Patch 3xx-loop.diff, async-issue.diff, http-gzip.diff, ignore-must-revalidate.diff, improve-nn-parser.diff, lusca-vary.diff dan segmentation-fault.diff ? Kang Fajar Mau Release Lusca With Patch Juga Gak?
    4. Saya Lihat Kang Fajar Langsung Command ./install Tanpa Melakukan Manual Compile & Configure Seperti yang Saya Lihat Di Beberapa Tutorial Pada Distro Lain
    5. Yang Terakhir Seperti Halnya Distro Lain IPFire Apakah Memerlukan Custom Partition Untuk Cache Lusca?

    Mohon Maaf Apabila Pertanyaan Saya Agak Ngejelimet Dan Terlalu Dasar. Terima Kasih Sebelum.

    1. 1. untuk lusca_head-r14942 untuk ipfire bisa di download disini : http://cachebox.googlecode.com/files/LUSCA_HEAD-r14942-IPF.tar.gz
      2. udah rilis (tapi nggak ane support), link download/wget nya ada diatas ^
      3. saya ambil dari source code nya langsung, nggak ada penambahan patch manual dari saya.
      4. langsung ./instal karena addons ipfire di distribusikan dalam bentuk binary.
      5. cache directory sudah otomatis dibuatkan pada saat instalasi ipfire. kalo mau menambahkan partisi tambahan cache_dir bisa juga kok.

      demikian, dan semoga membantu.

  7. mas untuk firewall sendiri di ipfire,saya kebetulan menggunakan server proxy,dan dhcp server menggunakan os ini.tapi ketika untuk ping beda network.saya menggunakan VLan di cisco na ketika saya ping ke server proxy dan dhcp server tidak bisa,tapi ketika os nya kita pake windows bisa kita ping. apa harus di set lagi di firewallnya mas..mohon masukkannya mas..trims..

  8. mas.. mau nanya ni apakah ipfire bisa untuk dhcp server.. tapi cuma standalone terus jadikan dhcp relay..mohon infonya mas..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *