E-Book : refresh_pattern Untuk Squid Cache 2.7

Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan untuk menulis panduan ringkas untuk penulisan refresh_pattern squid head 2.7 dan alhamdulillah dapat terselesaikan. Panduan tersebut kemudian saya jadikan ebook agar lebih mudah di distribusikan. E-book ini sendiri saya tujukan untuk pengguna pemula dan menengah.

Panduan ini saya buat berdasarkan squid versi 2.7 (termasuk Lusca head) dan dapat di implementasikan untuk squid versi lainnya. E-book ini terdiri dari beberapa section, sebagai berikut :

Latar Belakang Tulisan

Menjelaskan latar belakang tentang penulisan panduan tentang refresh_pattern serta pengenalan beberapa istilah dasar yang berkaitan dengan refresh_pattern.

refresh_pattern : Apa dan Kenapa?

Mengenal refresh_pattern lebih mendalam dan menjelaskan proses terjadinya transaksi data antara server dan client.

Sintaks dan Opsi Pada refresh_pattern

Pada section ini saya menjelaskan aturan dasar pada penulisan aturan (sintaks) tag refresh_pattern serta penjelasan tentang opsi-opsi pada refresh_pattern.

Contoh Implementasi refresh_pattern

Dibagian ini dijelaskan konsep dasar penggunaan refresh_pattern untuk menangani object-object tertentu. Disini juga dijelaskan bagaimana kalkulasi untuk menentukan object yang fresh atau stale berdasarkan nilai min, max, dan lm-factor.

Opsi-Opsi Tuning refresh_pattern

Section ini membahas refresh_pattern lebih spesifik terutama penjelasan opsi-opsi tuning refresh_pattern.

Persiapan Sebelum Menentukan refresh_pattern

Setelah mengenal teknik penulisan dasar dan mengenal opsi-opsi tuning, pada bagian ini saya menjelaskan lebih lanjut beberapa latar belakang yang harus diperhatikan dalam menentukan refresh_pattern.

Contoh refresh_pattern Untuk Situs-Situs Populer

Section ini membahas tentang penerapan refresh_pattern pada situs-situs populer di Indonesia, antara lain Facebook, Detik, Kaskus, patch game online, serta refresh_pattern untuk konten dinamik seperti pada Youtube.

Download link :
http://www.mediafire.com/?0cid3pn2tj9gop1 (419 kb).

Password (jika diminta):
www.fazar.net

Feedback, saran, koreksi dan penambahan saya terima dengan lapang dada. Silakan hubungi email saya, atau tuliskan langsung di bagian komentar.

Contoh refresh pattern ada diposting saya berikut : https://fazar.net//2010/06/optimasi-squid-2-7/

Nggak up to date sih, tapi refresh pattern di posting tersebut bisa menjadi contoh dasar.

28 komentar untuk “E-Book : refresh_pattern Untuk Squid Cache 2.7”

    1. # let's violates http
      refresh_pattern -i (mt|kh|khm|cbk|t).*\.google\.co(m|.id) 10080 90% 21600 override-expire reload-into-ims ignore-private ignore-must-revalidate

      monggo dicoba.. :)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.