Tutorial Membersihkan Berkas Log Journald

Sebagai pengguna VPS, sering sekali saya menemui kondisi di mana penggunaan disk space semakin hari semakin meningkat. Padahal penggunaan database, konten web, dan sebagainya masih dalam batas kewajaran.

Setelah di telisik lebih jauh, ternyata terjadi pembengkakan pada logging, terutama pada berkas-berkas pencatatan atau logging yang di lakukan oleh journald.

Apakah journald itu? Dan apa yang menyebabkan berkas log journald bisa menjadi besar ukurannya? Sobat bisa mengetahuinya dari artikel singkat ini.

Tutorial Membersihkan Berkas Log Journald

Pengertian journald

Journald adalah sistem pada distribusi Linux yang bertugas untuk mengumpulkan dan menyimpan pencatatan / logging data. Journald merupakan bagian dari systemd yang berperan mengendalikan proses atau program apa saja yang di aktifkan pada saat booting sistem operasi Linux.

Berkas log yang di buat oleh journald ukurannya dapat bertambah dengan cepat, karena selalu di tambahkan informasi yang mungkin dapat digunakan untuk melakukan troubleshooting. Jadi jangan kaget, kalau berkas-berkas log journald ini ukurannya bisa menjadi sangat besar.

Uniknya, berkas atau file log journald tidak memiliki format plaintext sebagaimana pada berkas logging pada umumnya. Journald memiliki berkas log dalam format binary, mirip seperti pada log otentikasi yang biasanya terdapat pada /var/log/btmp.

Dan, tidak ada mekanisme logrotate pada berkas logging milik journald. Secara asali (default) berkas log akan di pisah dan di kompresi saat ukuran berkas sudah melebihi batas yang di tentukan.

Journald vs. VPS dengan space terbatas

Dalam beberapa kasus yang saya temui, ukuran berkas-berkas journald ini bisa melebihi 2 Gb. Bayangkan, jika kita mengelola VPS dengan disk space terbatas, misalnya 10 Gb. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu.

Tapi jangan khawatir, ada kok beberapa cara mudah untuk menghapus berkas journald yang tidak aktif atau tidak terpakai.

Memeriksa ukuran log journald

Untungnya, systemd memiliki mekanisme khusus untuk memeriksa dan memanajemen jumlah berkas log journald.

Untuk memeriksa ukuran berkas log journald, silakan ketikkan perintah

journalctl –disk-usage

Hasil outputnya akan menjadi seperti ini :

Archived and active journals take up to 1.7G in the file system.

Yang artinya berkas journald menggunakan 1.7 gigabyte disk space. Angka yang cukup lumayan jika VPS kita memiliki diskspace yang jumlahnya terbatas.

Lokasi penyimpanan log journald

Pada umumnya, log journald terdapat dalam direktori /var/log/journal. Sobat bisa mengetikkan perintah du –sh /var/log/journal untuk melihat disk space yang terpakai oleh journald.

tutorial-membersihkan-berkas-log-journald

Membersihkan berkas logging journald

Berkas logging journald yang sudah di arsipkan dapat kita hapus agar disk space menjadi lebih lega. Namun, ada baiknya tidak semua file log journald kita hapus. Sisakan 1 atau 2 berkas log, karena bisa saja nanti log ini digunakan untuk melakukan troubleshooting jika ada terjadi masalah.

Ketikkan perintah berikut ini untuk menghapus log journald dengan aman.

Journalctl –vacuum-files=2

Contoh pembersihan berkas log journald

tutorial-membersihkan-berkas-log-journald

Simpulan

Jika sobat memiliki perangkat komputer atau VPS yang disk space-nya  kecil, maka ada baiknya sobat secara berkala memeriksa berkas-berkas log sampah di dalam direktori /var/log. Sobat dapat menghapus berkas-berkas tersebut sehingga disk space akan menjadi lega, dan dapat di manfaatkan untuk menyimpan hal lain.

Tinggalkan komentar