Toshiba NB205-N311/W Wifi Disabled Pada Windows 7

Advertisements

Hari ini saya mendapat pekerjaan untuk melakukan upgrade sistem operasi netbook Toshiba NB250-N311/W dari Windows XP menjadi Windows 7.

Instalasi berjalan cukup baik, dan saya membiarkan recovery drive nya tidak dihapus untuk jaga-jaga kalau nanti mau di downgrade lagi. Semua driver yang saya download sebelumnya juga dapat terinstal dengan sempurna, namun wireless adapter tidak dapat aktif saat melakukan koneksi internet menggunakan wifi yang ada ditempat saya bekerja.

Saya mencoba untuk menekan tombol FN+F8 berulang kali namun tetap tidak membantu. Singkat kata, tombol function (FN) untuk mengaktifkan wireless adapter di Toshiba NB250 tidak dapat berjalan sempurna di Windows 7.

Setelah mencari pencerahan lewat Google, ternyata ada banyak pengguna Toshiba yang memiliki kasus sama : wifi mereka tidak dapat aktif di Windows 7. Selidik punya selidik, saya menyimpulkan bahwa perlu mengupgrade BIOS agar tombol function untuk mengaktifkan wireless adapter bisa berjalan dengan baik di Toshiba NB205.

Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki fungsi FN+F8 di Toshiba seri NB205 :

  1. Instal seperti biasa Windows 7 (jika anda sudah terlanjur menginstal Windows 7)*, kemudian update / instal semua driver-driver hardwarenya.
  2. Tutup semua aplikasi yang sedang aktif, download updater BIOS Toshiba disini, kemudian lakukan upgrade BIOS netbook anda dan reboot.
  3. Download Toshiba Value Added Package disini, kemudian reboot.
  4. Download Toshiba Flash Cards Utility disini, reboot lagi

Silakan coba lagi gunakan tombol FN anda. It should be work now.

vg546a

Catatan :

* Untuk upgrade BIOS saya sangat menyarankan di jalankan pada Windows XP (sebelum Windows 7 terinstal) dan pastikan kabel power tercolok ke power outlet.

Advertisements

232 komentar untuk “Toshiba NB205-N311/W Wifi Disabled Pada Windows 7”

  1. terima kassiiiihhh gaaann

    permasalahan terselesaikan berkat artikel yang agan sharing

    semoga kebaikan untuk agan dan sekeluarga

    terima kasih banyaak

  2. Pusing gara-gara ginian

    Permisi numpang nanya, itu semuanya di run as administrator atau cuma yg BIOS nya aja yg di run as admin? Tq gan sebelumnya

  3. mkasih buat balesan yg kemarin (Y)
    terus ada juga lepi temen ane toshiba a215-s6084 permasalahannya sama, akhirnya ane ikutin instruksi diatas, alhamdulillah fn udh bisa tp kok wirelessnya tetep off yagg, gg bisa on :?

    1. Saran saya, monggo cek langsung ke web toshiba untuk upgrade bios dan driver lainnya untuk netbook yang sedang mas oprek, karena saya nggak pernah oprek yg tipe A215.

  4. gan, mau nanya.. kalo’ udah terinstal win 7 di nb250 tetep boleh update biosnya kah ?
    soalnya di artikel agan tertulis “* Untuk upgrade BIOS saya sangat menyarankan di jalankan pada Windows XP (sebelum Windows 7 terinstal) dan pastikan kabel power tercolok ke power outlet.”

    mkasih sebelumnya

    1. kalo sudah terinstal win 7, masih bisa update bios kok gan. jangan lupa jalankan sbagai administrator ya (klik kanan > run as administrator).

    1. seharusnya pas pencet Fn+F8 muncul pilihan switch antara wifi dan bluetooth. coba cek flashcard utility terakhir di web toshiba. kalo udah mentok, coba samperin service center nya. good luck.

  5. Gan mau nanya ni…
    saya punya notebook toshiba nb205, kenapa tampilannya bagian bawahnya tidak kelihatan, di bios juga begitu, tapi saat di pasang ke proyektor tampilannya penuh, apa masalahnya ya gan?
    mohon masukannya gan…

    1. sepertinya berkenaan dengan resolusi layar. apa pernah ganti layar sebelumnya? dan apa sudah coba di reinstal?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *