Software Review: Baidu PC Faster

Baidu PC Faster : We Make PC Faster – itulah slogan dari aplikasi untuk sistem operasi Windows ini. Baidu PC Faster adalah aplikasi optimasi dan keamanan (optimization and security) yang dikembangkan oleh Baidu – salah satu perusahaan internet yang cukup mapan dan berbasis di Hainan District – Beijing. Baidu PC Faster memiliki arsenal yang cukup komplit untuk keperluan maintenance sistem operasi Windows agar selalu berjalan dengan performa terbaik.

Pada saat ini, Baidu PC Faster masih berstatus beta – meskipun demikian dari ujicoba yang di lakukan pada komputer kerja saya hasilnya cukup memuaskan.

Fitur Baidu PC Faster

1. Health Check

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat dengan mudah mendiagnosa permasalahan didalam komputer anda. Dengan sekali klik, Baidu PC Faster mampu memaksimalkan kinerja komputer. Cukup sekali klik pada tombol “Quick Care”, PC Faster akan mengoptimasi semua aspek sistem operasi Windows.

home

2. Win Update

Baidu PC Faster dapat membantu anda “menutupi celah” pada Windows dengan memberikan rekomendasi untuk menginstal Windows hotfix / patch yang penting. Hmmm… sayangnya dikomputer saya fitur ini tidak dapat berjalan dengan baik – semua hotfix yang direkomendasikan tidak dapat di download.

winupdate

3. Cleaner

Tahukah anda bahwa sistem operasi atau software yang terimstal pada komputer kadang-kadang menyimpan atau menghasilkan file-file sampah (junk files) berupa log, file temporary, dan sebagainya. Selain itu, kebanyakan aplikasi atau software juga akan menambahkan entri registry yang tidak bermanfaat. Junk files dan entry registry ini lama kelamaan akan menumpuk dan mengisi ruang harddisk anda – padahal anda tidak memerlukannya. Fitur Cleaner dapat membersihkan file-file sampah ini dengan cepat dan efisien.

cleaner

Fitur Cleaner membantu anda agar komputer anda “bersih” dari junk files dan entry registry yang tidak valid – hasilnya PC anda akan berjalan lebih mulus, cepat, dan mencegah terjadinya crash / hang.

Dari pengamatan saya, kemampuan cleaner di Baidu PC Faster masih belum dapat menandingi kemampuan pembersihan junk files dan invalid registry entry pada CCleaner.

4. SpeedUP

Fitur Speed Up membantu anda untuk mengoptimalkan kinerja komputer secara keseluruhan dengan cara meng-optimalisasi pengaturan startup, pengaturan internet, dan sebagainya. Komputer akan lebih cepat melakukan booting – sehingga anda tidak perlu menunggu lama saat anda menyalakan komputer.

speedup

5. Cloud Security

Cloud security mampu untuk mendeteksi keberadaan malware atau ancaman virus. Baidu PC Faster menggunakan built-in scanning engine buatan sendiri dan scanning engine milik Avira digabung dengan cloud-based scanner. Hasil deteksinya sangat baik dan scanning juga berlangsung cukup cepat. Sayangnya, proteksi antivirus Baidu PC Faster tidak berjalan realtime alias scanning hanya dapat dilakukan oleh user sendiri (on-demand).

cloudscan

Fitur keamanan lain yang ditawarkan oleh Baidu PC Faster adalah PC Faster USB Guard yang membantu anda untuk melakukan safely remove untuk perangkat USB.

usbguard

6. Toolbox

Berisi banyak pilihan utility untuk melakukan tweaking dan melakukan perbaikan sistem internal Windows.

toolbox

7. App Store

Baidu PC Faster menawarkan fitur app store / download software yang terintegrasi. Anda dapat dengan mudah mendownload dan menginstal software pilihan yang hampir semuanya bersifat freeware.

appstore

Kesimpulan

Overall, saya cukup menyukai software Made in Hongkong yang satu ini – karena fitur nya cukup lengkap untuk menjaga performa komputer secara menyeluruh, cukup “ringan” dan tidak membutuhkan banyak memory atau CPU – ideal untuk komputer dengan spek pas-pasan. Tampilannya cukup intuitif, modern dan mudah digunakan. Dan yang terpenting adalah software ini GRATIS! :)

Ingin mencoba? Silakan kunjungi dan download langsung dari situs resminya di http://security.baidu.co.th/en/

80 pemikiran pada “Software Review: Baidu PC Faster”

  1. Nb: atau avira nya nggak usah saya update lagi biar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ konflik sm baidu antivirus,jadi gmn gan? Trimz :)

    Balas
    • usahakan cuman pake 1 antivirus aja di dalem komputer (pertimbangannya untuk menghindari konflik program dan mengurangi pemakaian sumber daya seperti cpu, ram, dsb). kalo mas/sis udah biasa pake avira, ya monggo pake avira saja. :)

      Balas
  2. Gan,mau tanya.. Laptop saya udh punya anti virus avira yg gratis,trus saya pakai lagi baidu pc faster n baidu anti virus,apakah akan berbahaya untuk laptop saya. Mohon jawabannya gan,thanxz :)

    Balas
  3. ini dia yang saya bingung.. setelah saya pasang avast.. ko tiba2 program2 (yg dulunya pada jalan), sekarang tiba2 pada ngambek gak ada yang mau kebuka (jalan) mas ya?!? ada gerangan apakah?!?!

    any idea? bingung.. :(

    terimakasih jika sudah ada jawabnya lalu mengabari ke tampat saya mas :)

    terus.. saya juga pake baidu ini.. ko kinerja kompi jadi rata-rata (gak jauh) dari 90% (terrible) kan mas ya?!?! ini gmn nih?!?!?

    Balas
  4. Gan, kalo ada baidu trus ada smadav & avira gimana bahaya gk ??
    trus laptop saya jadi panas apa itu penyababnya ?
    Terima kasih..

    Balas
    • sepertinya nggak bahaya mas (kecuali mas juga pake baidu antivirus – bisa konflik sama avira).
      laptop jadi panas bisa dikarenakan banyak faktor, misalnya kinerja hardware (cpu, memory, disk) sedang dalam keadaan maksimum, fan yang rotasinya nggak efisien (atau nggak muter sama sekali), kondisi sirkulasi udara yg jelek (misalnya banyak debu), atau ada aplikasi yg pake resource gede.. coba cek faktor-faktor tsb. good luck. :)

      Balas
    • sampe saat ini ane belum pernah dengar tentang ketersediaan antivirus untuk Nokia Lumia yg berbasis windows phone. konon, apps yang jalan di Lumia berjalan di sandbox, sehingga aman dari virus. selain itu, apps yg tersedia di apps store Lumia telah diseleksi dengan ketat oleh Microsoft, sehingga kecil kemungkinan virus yg masuk dari apps store tsb. :)

      Balas
      • ookkkeee thanks banget atas info nyaa :D
        o iya 1 lagi. . . kalo trend micro office scan console cocok ga ya ama baidu antivirus ?

        Balas
        • usahakan dalam 1 komputer cuman ada 1 antivirus, karena ditakutkan akan konflik kalo ada 2 av, selain itu kinerja komputer juga akan menurun. pilih salah satu aja ya mas.. :)

          Balas
  5. Askum mas brow.. aku udah install baidu pc tettpi masuk di app store g bs download.
    ada tulisan download failed,please check your chonection or tell us
    gmn itu mas brow?

    Balas
  6. ini baidu pc faster kemaren tiba2 keinstal sendiri entah kebawa pas instal apa. Paling ga demen yang instal diem2 gini, padahal tiap ada program yang nawarin instal sesuatu, selalu kutolak, tapi masih lolos aja yang ini…

    Tapi dari review2nya, kayaknya cukup aman ya? bentrok kah sama tune up utilities? (atau ada pro/cons nya mungkin?)

    Balas
    • iya.. ada beberapa software (termasuk avira) yg ikut membundling baidu pc faster. saya pake baidu pc faster udah hampir 1 tahun dan saya rasa cukup aman. menurut ane jangan digabung sama tuneup untuk menghindari konflik software.

      Balas
    • seperti yg dikutip dari cnet, baidu pc faster bisa jalan di Windows 7, Windows 8, Windows Vista, dan Windows XP. coba periksa kembali windows xp yg masbro gunakan.. pastikan pake service pack terakhir (SP3).

      Balas

Tinggalkan komentar