04
Feb
2019

Microsoft Merilis Microsoft File Manager (WinFile) Untuk Windows 10

Beberapa waktu yang lalu Microsoft secara resmi merilis Microsoft File Manager (WinFile) yang dulu pernah eksis di Windows versi jadul, yakni Windows 3.0. Microsoft File Manager di rilis pada Microsoft Store sebagai app Universal Windows Platform (UWP).

Karena di desain sebagai app UWP, Microsoft File Manager di harapkan bisa kompatibel saat di instal pada komputer desktop, laptop, perangkat mobile, Surface Hub atau HoloLens yang berbasis sistem operasi Windows teranyar.

Windows File Manager bisa di pasangkan pada Windows 10 build 16299. Bagi user Windows yang sudah familiar dan nyaman untuk menggunakan Windows Explorer, sudah tentu akan kesulitan untuk menemukan faedah file manajer lawas ini.

Tapi bagi pemakai Windows old-school, sudah dapat di pastikan kehadiran app yang satu ini bisa mengobati kerinduan sekaligus bernostalgia dengan UI yang retro tapi fungsional.

microsoft-merilis-microsoft-file-manager-winfile-untuk-windows-10

Development pada Github

Pada tahun 2018, Microsoft memutuskan untuk menjadikan Windows File Manager sebagai app yang bersifat opensource, sehingga siapa saja bisa memodifikasi, melakukan re-build, menambahkan fitur, dan mengembangkan lebih lanjut aplikasi ini.

Sovat bisa memantau development (dan sekaligus juga bisa melakukan fork, melaporkan bug, atau memberikan saran untuk development winfile) pada halaman Github yang dikelola langsung oleh Microsoft.

“Windows File Manager kembali hidup dan berjalan sebagai aplikasi desktop x86 dan x64 pada semua versi Windows yang saat ini didukung, termasuk Windows 10. Kami menyambut baik pemikiran, komentar dan saran dari anda,” demikian yang di sampaikan oleh tim developer Winfile di halaman Github mereka.

Retro is nostalgic!

Sekali lagi, jika sobat sudah nyaman dengan Windows Explorer bawaan Windows 10, maka mungkin sobat akan menganggap winfile adalah sebuah aplikasi jelek dan usang.

Tapi bagi mereka yang ingin merasakan kembali pengalaman menikmati UI Windows jadul, sudah pasti dapat merasakan kenangan di masa-masa lewat itu.

Yeah, its old, but gold. 😊


Related Posts
Share

fazar

Seseorang yang antusias terhadap dunia internet, IT, networking dan komputer. Lokasi: Jakarta, Indonesia.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *