Power Conservation Mode Lenovo Ideapad

Power Conservation Mode Lenovo Ideapad 320 – Saya memiliki satu buah laptop Lenovo dengan spesifikasi kentang, yaitu Lenovo Ideapad 320. Saya memiliki kebiasaan untuk mencolok adaptor power ke outlet listrik jika saya bekerja dengan laptop Lenovo Ideapad ini. Tentunya hal ini bukanlah sebuah best practice untuk mendukung kinerja baterai untuk pemakaian jangka panjang.

Karena, jika terus-terusan tersambung dengan listrik, maka baterai laptop akan di paksa untuk charging sampai 100% dalam waktu yang lama. Kebiasaan seperti ini akan mengurangi masa pakai baterai, atau minimal akan mengurangi power cycle-nya. Dan dalam kondisi terburuk, dapat mengakibatkan baterai drop.

Oleh karena itu, beberapa produsen laptop kemudian mengeluarkan utility untuk mengatasi hal ini. Utility ini membantu agar baterai tidak terisi penuh saat di charging selama berjam-jam sekalipun. Istilahnya adalah power conservation mode.

Kenapa power conservation mode sebaiknya di aktifkan?

Dengan menggunakan power conservation mode, maka baterai laptop hanya akan di charge pada level persentase tertentu saja, misalnya antara 40% – 80%. Jadi baterai tidak akan ter-charge lebih dari 80%. Manfaat jangka panjang dari conservation mode ini adalah baterai laptop akan menjadi lebih tahan lama/awet.

Sayangnya, pada Lenovo Ideapad 320 tidak terdapat utility atau driver memiliki fitur power conservation mode ini.

Nah, untungnya saat browsing di forum-forum luar, saya menemukan aplikasi kecil yang memiliki fitur power conservation mode untuk Lenovo. Nama software ini adalah OneKey Optimizer. Jika sobat juga memiliki Lenovo seri Ideapad, maka tulisan berikut ini mungkin dapat membantu.

conservation-mode-lenovo-ideapad
Tampilan utama Lenovo OneKey Optimizer

Lenovo Ideapad power conservation mode

OneKey Optimizer ini sebenarnya sudah tidak di develop dan di buat spesifik untuk Lenovo Z70-80 OS Microsoft Windows 8. Namun, para anggota forum mengkonfirmasi bahwa utility ini dapat di gunakan dengan baik pada Lenovo Ideapad dan Windows 10.

Sobat dapat mengunduhnya lewat tautan dan mirror berikut ini (ukuran file 34 mb).

MirrorLink Unduh
MediafireKlik disini
Lenovo CDNKlik disini

Setelah di download, silakan install seperti biasa. Selanjutnya, OneKey Optimizer akan segera berjalan di system tray. Saat pertama kali di jalankan, OneKey Optimizer akan melakukan scanning berkas-berkas sampah dan merekomendasikan tuning. Ikuti saja rekomendasi yang di berikan OneKey Optimizer, kemudian restart Lenovo Ideapad.

Selanjutnya adalah mengaktifkan fitur conservation mode pada OneKey Optimizer. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik 2x pada tray OneKey Optimizer untuk membuka window OneKey Optimizer
  2. Klik pada “Save Power” > “Battery Conservation”
  3. Selanjutnya, aktifkan fitur “Conservation mode”, selesai!
conservation mode lenovo ideapad
Mengaktifkan conservation mode Lenovo OneKey Optimizer

Nah, dengan mengaktifkan fitur conservation mode pada OneKey Optimizer, maka baterai hanya akan di charge pada kisaran 55% sampai dengan 60%, meskipun adaptor laptop terus-terusan di colok ke listrik.

Hasilnya, battery cycle akan meningkat dan umur penggunaan baterai bisa menjadi lebih panjang, karena baterai tidak akan mengalami proses overcharge yang dapat membuat baterai menjadi soak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.