Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Xiaomi, Gampang Banget!

Xiaomi secara defacto sudah menjadi pemain besar di ranah pasar ponsel pintar di tanah air. Penjualan smartphone Xiaomi terus meningkat dan mampu menyaingi penjualan vendor besar seperti Samsung, Asus, Oppo, dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Xiaomi

Image via Official MIUI Website

Xiaomi memiliki kinerja gemilang di pemasarannya karena ada dukungan komunitas yang besar. Ada banyak grup-grup Facebook dan forum utama Xiaomi yang bisa menjadi referensi bagi semua pengguna ponsel Xiaomi. Selain itu, produk-produk Xiaomi juga di jual dengan harga yang sangat terjangkau, namun tetap di lengkapi dengan fitur-fitur canggih dan sudah menggunakan hardware yang kekinian.

Salah satu fitur andalan Xiaomi adalah firmware dan antarmuka yang di desain khusus untuk perangkat ponsel yang mereka produksi. Firmware ini di namakan dengan MIUI (singkatan dari Mi User Interface). Saat tulisan ini dibuat, MIUI sudah rilis di versi 10, atau yang lebih dikenal dengan sebutan MIUI 10. MIUI 10 memiliki antarmuka intuitif dan di desain agar mudah di operasikan pada ponsel yang memiliki layar penuh / fullscreen.

Masalahnya cuma satu, dalam MIUI (bahkan di versi global sekalipun) terselip iklan pada beberapa apps bawaan. Meskipun penempatan iklan pada MIUI di atur agar tidak mengganggu kenyamanan user, namun tetap saja hal ini membuat banyak user merasa terganggu.

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Xiaomi

Iklan Grab pada Themes app

Bahkan beberapa user Xiaomi menyatakan merasa privasi mereka telah di langgar karena MIUI memaksa user untuk melihat iklan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan iklan di smartphone Xiaomi ini?

Sebenarnya ada cara tricky yang dapat membantu kita untuk menghilangkan iklan pada MIUI –  meskipun tidak 100% iklan dapat di hilangkan. Bagaimana caranya? Silakan ikuti petunjuk berikut ini!

Berpindah region

Pertama yang harus kita lakukan untuk menghilangkan iklan di smartphone Xiaomi adalah dengan cara berpindah regional. Untuk mengakses pengaturan regional silakan navigasikan MIUI ke:

Settings / Pengaturan > System & Device / Sistem & Perangkat > Additional Setting / Pengaturan tambahan > Region / Regional

Dari pilihan regional yang ada, silakan pilih Singapore. Setelah di pilih, silakan reboot untuk menerapkan pengaturan.

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Xiaomi

Berpindah regional

Mungkin sobat bertanya, kenapa harus pindah region? Jawabannya adalah terkadang Xiaomi memberikan fitur-fitur khusus untuk region tertentu. Misalnya saat berpindah ke region India, maka sobat bisa mengganti font di themes app bawaan MIUI. Dan regional Singapore di percaya merupakan region khusus yang iklan-nya di kurangi. 😊

Menyesuaikan pengaturan apps

Setiap stock apps / apps bawaan MIUI terdapat beberapa opsi pengaturan yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Dan salah satunya adalah pengaturan untuk menonaktifkan iklan.

Caranya adalah, silakan buka apps MIUI yang terdapat iklan, kemudian tap pada tiga garis pada pojok kiri atas, kemudian Settings > About > non-aktifkan opsi Recommendation.

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Xiaomi

Menu pengaturan apps

Ada beberapa apps yang di ketahui memiliki iklan, dan sobat harus merubah recommendation-nya menjadi off. Apps tersebut antara lain adalah File Manager, Video Player, Music Player, Cleaner, Themes, dan sebagainya (silakan share di komentar jika sobat mengetahui apps lainnya yang memiliki iklan.

Masih muncul iklan?

Jika sobat masih menemukan iklan yang membandel dan tidak dapat di hilangkan dengan cara di atas, maka sobat bisa menggunakan alternatif lain, yaitu memasang / menginstal apps penyaring iklan atau memasang MIUI versi eropa.

Apps penyaring iklan yang di rekomendasikan adalah AdGuard. Kekurangannya adalah sobat harus membeli lisensi tambahan untuk AdGuard.

Oke sob! Demikian ulasan singkat tentang cara menghilangkan iklan pada Xiaomi, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi.


Related Posts

fazar

Seseorang yang antusias terhadap dunia internet, IT, networking dan komputer. Lokasi: Jakarta, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *