Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan

Beberapa waktu yang lalu abang saya datang ke tempat saya untuk menanyakan perihal cara memperbaiki atau mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak dapat digunakan. Kebetulan abang saya memakai iPhone seri 4S, dan beliau tidak dapat mengoperasikan iPhone tersebut karena layar sentuhnya tidak dapat di operasikan dengan benar.

Meskipun layar sentuhnya tidak dapat di gunakan, namun fungsi-fungsi lain seperti fungsi voice commands, tombol home, dan sebagainya tetap bisa berfungsi dengan normal.

Setelah beberapa saat browsing di internet, saya menemukan beberapa petunjuk tentang cara melakukan troubleshooting layar sentuh iPhone yang tidak dapat digunakan, yaitu dengan cara mengupgrade versi firmware atau dengan cara melakukan restore.

Sebenarnya cara restore atau upgrade iPhone dapat di lakukan oleh siapa saja, karena prosedurnya cukup mudah dan tidak ribet.

Apa saja yang di butuhkan?

  • Komputer / laptop yang sudah terinstal iTunes (untuk mengunduh iTunes, silakan klik tautan berikut ini)
  • Kabel data iPhone untuk menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat

Berikut cara mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak bisa digunakan dengan cara mengupgrade versi firmware bawaan iPhone.

Sebelum melakukan upgrade atau restore pada ponsel yang sobat gunakan, sobat terlebih dahulu harus memposisikan iPhone dalam mode recovery dengan menggunakan kabel data yang terhubung ke komputer.

Cara mengatur iPhone agar masuk ke dalam recovery mode:

  1. Matikan iPhone sobat
  2. Tekan dan tahan tombol home sambil menghubungkan iPhone ke komputer yang iTunes nya sudah aktif
  3. Biasanya iPhone akan menyala dengan layar bergambar kabel data terhubung ke iPhone

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa DigunakaniTunes akan mendeteksi keberadaan iPhone yang berada dalam mode recovery dan akan menawarkan 2 opsi, yakni update firmware (jika update atau pembaruan tersedia) dan opsi untuk me-restore iPhone. Screenshot > Klik disini

Selanjutnya, klik opsi untuk melakukan upgrade firmware. Pastikan pada saat ini koneksi internet sobat sudah terhubung dengan baik, karena iTunes akan mendownload update firmware untuk iPhone yang ukurannya cukup besar (di atas 1 Gb).

Untuk melihat progres download update firmware, silakan klik ikon panah yang ada di pojok kanan atas iTunes, hasilnya akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan

Saat proses download dan instalasi update sedang berlangsung, jangan mengutak atik iPhone atau iTunes, karena dapat menginterupsi proses update firmware yang sedang berjalan. Proses upgrade / update firmware akan berlangsung dalam rentang waktu yang variatif, tergantung pada spesifikasi iPhone dan koneksi internet yang sobat gunakan.

Layar pada iPhone akan menunjukkan proses loading pada saat update sedang di install kedalamnya. Untuk lebih jelas. silakan lihat pada foto di bawah ini.

cara-mengatasi-layar-sentuh-iphone-tidak-bisa-digunakan-04Setelah update firmware berhasil di lakukan, maka iPhone akan otomatis restart dengan sendirinya, dan pada layar awal akan tampil menu pengaturan awal iPhone.

Pada kasus iPhone abang saya yang layar sentuhnya tidak dapat di operasikan, masalah layar sentuhnya sudah dapat teratasi setelah iPhone berhasil di upgrade.

cara-mengatasi-layar-sentuh-iphone-tidak-bisa-digunakan-05Selanjutnya, silakan di set atau di atur sendiri iPhone yang sobat gunakan sesuka hati! :)

Simpulan

Jika sobat memiliki iPhone yang kondisi layar sentuhnya tidak dapat di operasikan dengan baik, sobat dapat mencoba memperbaikinya sendiri dengan cara melakukan upgrade firmware atau melakukan reset mempergunakan iTunes dengan langkah-langkah yang telah di jelaskan di atas.

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan ini bisa bermanfaat untuk sobat. ^^


Related Posts

fazar

Seseorang yang antusias terhadap dunia internet, IT, networking dan komputer. Lokasi: Jakarta, Indonesia.

197 Responses

  1. Aji berkata:

    Iphone 5s saya pada waktu pengoprasian tau” layar hang atau terhenti, tetapi beberapa detik bisa lg dan biasanya mengatasinya dengan menekan tombol kunci terus saya buka lg normal kembali kira” rusak apanya gan? Udah saya coba instal ulang tetap saja seperti itu gan

  2. kenzi berkata:

    gan hp saya gerak gerak sendiri touchscreennya trs suka gamau di pencet, padahal udah ganti lcd 2 minggu lalu ini kenapaya gan

  3. donnie berkata:

    mas, ane punya iphone 4g. touchscreennya nekan2 sendiri. jadi klo posisi layar hidup alias ga kekunci, tu iphone jalan sendiri. ntah itu buka pesan, kontak, dll.
    udh coba ane flash, tetap aja kaya gitu.
    mohon pencerahannya mas.
    LCD nya juga udh ane ganti. tetap aja gitu

  4. Asep ridwan berkata:

    Hp ane kecemplung air touchscreen jadi tidak bisa di geser npa yaa , tapi layar nyala ga ada masalah

  5. ardi setiawan berkata:

    gimana kalau layar nya hanya separuh yang bisa di gunakan apa juga bisa di perbaiki dengan cara ini mohon balas sanya email aja bos

  6. Rian berkata:

    Bang aku mau nanya aku punya iphone 4s kemaren kenak hujan terus layar nya tidak bisa berfungsi,setelah coba di biar kan berapa jam bisa lagi layar tapi bagian atas touchscreen nya nggak fungsi cuman bagian atas aja yg tidak berfungsi,itu gimana ya cara nya ?

    • fazar berkata:

      handphone apapun kalo kena air sebaiknya di matikan dan cabut batere, akan tetapi agak sulit dengan iPhone yang baterenya ditanam. saran saya sebaiknya di cek ke service center, karena kemungkinan ada masalah dengan hardware nya.

  7. lyna berkata:

    Hp saya dlyar kayak ad gris putih2 kak.. apa itu lcdny rudak trs keyboard ny yg ngk bsa ditekak p ny doang

  8. biki berkata:

    Hiii mas iphone 5s saya, layar sentuhnya tdk berfungsi ni, awalnya ada sms masuk, pas udh ketik pascode normal.. tp pas klik menu pesan, tdk berfungsi, akhirnya gw tekan tombol power yg d atas, padam.. biasanya kalau sy tekan lagi power nyala.. tapi ini nggk, trus sy call mmg bunyi, namun layar tetap gak nyala, sy coba cas masuk kedengaran bunyi cas masuk.. tp aneh nya sy tekan tombol home dan power gak mau nyala..

    • fazar berkata:

      sepertinya ada masalah di hardware.. entah konektor ke LCD yang bermasalah, atau ada masalah lain. monggo di cek ke service center aja.

  9. Widhi berkata:

    Saya punya iphone 6 dan touch ny suka ngawur alias jlan sndiri…awalny hp normal…tidak ad retak ato goresan baik lcd maupun touchscreen nya…kira kira apanya ya yang rusak…

  10. Bebe berkata:

    Iphone 6 saya touchscreen kadang” aja ga merespon bisa hampir 6jam an . Itu pengaruh nya apa ya? Apa perlu diganti lcd nya atau update firmware nya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *